Info Status Kondisi Gunung Slamet Pasca Erupsi Kelud

February 18, 2014

Info Status Kondisi Gunung Slamet Pasca Erupsi KeludInfo Status Kondisi Gunung Slamet Pasca Erupsi Kelud. Letusan Gunung Kelud membuat pos pemantauan Gunung Slamet di Desa Gambuhan, Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah, ramai dikunjungi warga. Rata-rata mereka penasaran dengan kondisi gunung tertinggi di Jawa Tengah tersebut. Dijelaskan oleh Kepala Pos Pengamatan Gunung Slamet, bahwa kondisi gunung dengan ketinggian 3.428 Mdpl ini memasuki status siaga. Untuk memudahkan pemantauan aktivitas vulkanik Gunung Slamet ini, tim tanggap darurat Gunung Slamet telah memasang alat deteksi gempa tambahan di tiga tempat.

Alat ini berfungsi untuk merekam kekuatan dan frekuensi gempa akibat letusan Gunung Slamet. Salah satu kawasan di lereng Gunung Slamet yang menjadi tempat pemasangan alat pendeteksi gempa adalah loka wisata air panas Pancuran 7 Baturaden, Banyumas. Pemasangan alat pendeteksi gempa ini dilakukan oleh tim dari pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Beberapa alat yang dipasang adalah siesmometer pendeteksi gempa dan alat perekam gempa. Pemasangan alat dilakukan pada lereng gunung dengan ketinggian 1000 meter dari permukaan laut.

Info Status Kondisi Gunung Slamet Pasca Erupsi Kelud

Hal ini untuk menghindari adanya getaran yang diakibatkan oleh suara kendaraan atau manusia. Pemasangan siesmometer ini dilakukan untuk melengkapi alat pendeteksi yang sudah ada, menyusul kian tingginya aktivitas vulkanik Gunung Slamet.

Gunung Slamet terletak hampir tepat ditengah-tengah antara batas pantai utara dan pantai selatan. Dan dikelilingi setidaknya oleh 5 wilayah kabupaten yang berbatasan langsung yaitu Brebes, Tegal, Pemalang, Banyumas, Purbalingga, dan 2 wilayah yang tidak langsung yaitu Cilacap, dan Kota Tegal.

Berita Terbaik Lainnya:

Leave a Comment

Previous post:

Next post: